Bimtek Aplikasi RKAS Regional Jawa Barat







Bandung, LPMP Jabar – Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Komponen Pengelolaan Data Pendidikan Dasar dan Menengah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) tahun 2019 untuk regional Jawa Barat pada tanggal 24 – 27 Juni 2019, di Fave Hotel Hypersquare Bandung yang diikuti oleh pengelola Bantuan Operasioal Sekolah (BOS) di tingkat sekolah, dinas pendidikan dan LPMP Jawa Barat.

Dalam sambutan nya Kepala LPMP Jawa Barat Gusmayadi Muharmansyah memberikan arahan tentang pentingnya tata kelola keuangan yang transpran dan akuntabel yang  wajib dipenuhi sekolah, seiring temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kurang salur dan lebih salur dana BOS. BPK mensinyalir kasus ini, karena sekolah kurang atau abai pada akurasi data. Bahkan ada sebagian data sekolah yang acapkali berubah-ubah setiap mendekati bulan Juli.

Berangkat dari kondisi tersebut, pemerintah diharapkan dapat memfasilitasi sekolah agar lebih mudah menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan sekolah, melalui sebuah aplikasi yang dapat dioperasikan secara efektif dan efisien, yaitu pengembangan Aplikasi RKAS.

Aplikasi RKAS ini didesain untuk mengakomodir tiga aspek pertanggungjawaban keuangan sekolah, yaitu pembukuan, pelaporan dan transparansi, sebagaimana termaktub dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler dan akan di terapkan di tahun 2019.