Peran Edutech dalam Pemerataan Pendidikan di Indonesia

LPMP Jabar, Bandung – Education technology (edutech) dinilai memiliki peran besar dalam pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Sebagai perusahaan edutech, Extramarks berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam melakukan transformasi pendidikan di Indonesia.

Perusahaan pun turut berpatisipasi dalam acara Indonesia Economic Forum 2018 di Shang-rila Hotel, Jakarta, Rabu (21/11/2018) dengan tema “Connecting Indonesia: A New Five Year Agenda”.

Pada kesempatan tersebut, Fernando Uffie selaku Country Manager Extramarks Indonesia mengatakan bahwa memasukkan unsur teknologi dalam dunia pendidikan adalah sebuah keharusan bagi Indonesia saat ini

Terlebih, Indonesia sebuah negara yang luas dan terdiri dari ribuan pulau. Sangat tidak mungkin jika pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan dilakukan secara konvensional tanpa bantuan teknologi.

“Wilayah yang jauh dari ibu kota, kota provinsi bahkan kota kabupaten akan membutuhkan waktu yang tidak pendek untuk menyamaratakan kualitas pendidikannya. Perlu bantuan teknologi untuk mengakselerasinya,” kata Uffie memaparkan.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) tengah membangun proyek Palapa Ring.

Ini adalah proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Salah satu tujuan pembangunannya adalah agar dapat dimanfaatkan oleh dunia pendidikan di Indonesia.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka edutech memiliki peran yang besar di dalamnya.

“Kami dari Extramarks komitmen untuk mendukung program transformasi pendidikan yang dilakukan pemerintah tersebut,” Uffie menandaskan.

Oleh : Iskandar
Sumber :
https://www.liputan6.com/tekno/read/3708709/peran-edutech-dalam-pemerataan-pendidikan-di-indonesia