Muhadjir Berharap Penerusnya Lanjutkan Pemerataan Kualitas Pendidikan

Mendikbud, Muhadjir Effendy. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy tengah menghitung hari memasuki masa purna tugas sebagai pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabinet Kerja. Sejumlah pekerjaan rumah diakuinya masih belum tuntas, untuk itu estafet tugas itupun akan dilanjutkan kepada menteri baru di kabinet mendatang.

“Pekerjaan rumah yang penting adalah pemerataan kualitas pendidikan. Pendidikan yang berkualitas harus diperhatikan,” ujar Muhadjir di Jakarta, Kamis 17 Oktober 2019.

Tercatat beberapa program di eranya telah dituntaskan. Muhadjir meminta program tersebut terus dilanjutkan oleh penerusnya, salah satunya digitalisasi di dunia pendidikan. 

“Beberapa program yang menurut saya yang sudah berjalan, termasuk Ujian Nasional Berbasis Komputer, meningkatkan standar-standar pendidikan kita, kemudian kebijakan zonasi, penyelesaian masalah berbasis zonasi. Terakhir harus sudah mulai mempercepat transformasi berbasis digital,” ujar Muhadjir.

Muhadjir mengakui, standar pendidikan belum merata dan meluas. Sementara infrastruktur pendidikan sudah cukup memadai dan harus terus dilanjutkan.

“Infrastruktur pendidikan sudah bagus, hanya memang standarnya perlu ditingkatkan, karena yang lama sudah tidak sesuai zaman. Harus diubah, ditingkatkan,” papar Muhadjir.

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu melanjutkan, menteri penerusnya harus terbuka dan transparan. Terutama mewujudkan pendidikan yang terbuka untuk semua kalangan.

“Perubahan semakin cepat seperti disampaikan Pak Presiden, karena itu harus terbuka, luwes, inklusif untuk merespons perubahan,” pungkasnya.

Oleh : Muhammad Syahrul Ramadhan
Sumber : https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/9K5r6JPN-muhadjir-berharap-penerusnya-lanjutkan-pemerataan-kualitas-pendidikan